Desain Interior

Selasa, 08 September 2015

Finishing Kitchen Set


Hubungi Kami : 081.235.245.727 ( Telkomsel ) 0856.45678.727 ( Indosat ) 081.80.317.6264 (WhatsApp)

 

BAHAN FINISHING

Untuk menunjang hasil akhir sebuah kitchen set murah, bahan material yang digunakan dilapisi bahan finishing agar tampilannya lebih indah. Bahan ini pula yang melindungi material biasa agar tahan lama dan terhindar dari zat yang dapat merusak. Material ini akan menutup 100% seluruh permukaan kayu dan menyembunyikan tampak aslinya. Bentuk fisiknya dapat berupa cat dan lapisan (laminate) dalam bentuk lembaran atau rol. Sebaiknya bahan yang digunakan benar-benar berkualitas.Beragam bahan banyak ditawarkan di pasaran mulai dari cat duco, melamik, polyurethane (PU), polyesther, vinir, tacon, akrilik, high gloss panel hingga HPL (High Pressure Laminate).dan lain-lain nya

CAT DUCO

Cat Duco merupakan tipe finishing yang paling mahal namun bisa membuat kitchen set tampak elegan dan hasilnya tahan lama. Dengan pilihan warna yang beragam, finishing cat duco lebih mengedepankan kekuatan dan kekokohan dari bahan itu sendiri.Untuk mendapatkan hasil maksimal, diperlukan waktu yang cukup untuk menyelesaikan pekerjaan dengan finishing duco ini. Bagi yang menyukai warna mengkilap bisa menggunakan glossy finishing, dan bagi yang sebaliknya bisa menggunakan doff ataupun semigloss.
Cat duco lebih banyak menggunakan methode penyemprotan(spray) dari pada kuas pada permukaan furniture. Berkat kemajuan teknologi, warnanya saat ini sangat bervariasi seperti dapat memberikan efek batuan, motif batu, marmer, motif pecah seribu maupun motif perak, tembaga, emas dan warna-warna menyolok lainnya.Cocok untuk furnitur bernuansa modern, minimalis dan juga furnitur anak.
Kekurangan finishing cat duco adalah harganya relatif mahal. Apabila sudah dicat, serat asli tidak bisa dikembalikan lagi dan masih sangat tergantung dengan cuaca di dalam proses pengeringannya. Serta cat duco tidak bisa mengalami pengecatan berulang karena akan merubah tingkatan gradasi warna.


HPL (high pressure laminate)
KITCHEN SET FINISHING HPL MOTIF KAYU
HPL  atau high pressure laminate terbuat dari campuran Akrilik dan kayu. Lapisan luarnya menyerupai kayu dan mengandung serat-serat kayu, tapi bagian belakangnya akrilik.High Pressure Laminate memiliki keunggulan pada kekuatan dan tingkat elastisitasnya.Ini diakibatkan oleh serat dari campuran akrilik dan kayu yang dimilikinya.Sifatnya yang kuat dan elastis membuat bahan ini mudah untuk ditekuk sehingga sangat baik untuk melapisi tepian lemari.
HPL biasanya berbentuk lembaran ukuran 122 cm x 244 cm dan tebal 3 mm. Variasi motif dan warna cukup banyak serta permukaannya bertekstur.Harga bervariasi tergantung merk dan motifnya.Warna polos relatif murah dan paling mahal warna silver.
Keunggulan lain nya HPL adalah mengandung unsur kayu, cocok bagi yang ingin menampilkan warna-warna alami kayu. Bahan ini kuat (karena cukup tebal )
Kekurangannya adalah warna pada lapisannya dapat pudar setelah beberapa lama.
Cara pemasangannya yaitu direkatkan menggunakan lem. HPL juga banyak digunakan untuk material finishing kitchen set, karena sangat mudah dibersihkan dan tahan terhadap minyak dan panas.

AKRILIK
MATERIAL ACRYLIC
 AKRILIK Memiliki tampilan yang mengkilap dan berwarna cerah.Sangat cocok digunakan pada dapur yang mengejar tampilan modern.Kekurangan bahan ini sukar untuk ditekuk sehingga pada bagian sudut dan tepi lemari harus dilakukan penyambungan.

VENEER LAMINATE

New Picture (14) New Picture (16)New Picture (15)
VENEER LAMINATE terbuat dari serat tipis kayu asli. Motifnya tergantung jenis kayu yang dipotong, yaitu antara lain motif jati, sungkai, nyatoh, kamper atau mahoni. Furniture yang diberi lapisan ini akan mirip kayu asli sehingga tampilannya terlihat benar-benar natural dan alami. Dijual dalam bentuk gulungan dengan lebar 10-20 cm dan harganya relatif mahal. Karena lapisan veneer tipis, maka lem dan aplikasinya harus bagus agar bisa tahan lama. (lebih baik menggunakan mesin press).












PVC (Poly Vinyl Carbonate)
New Picture (91)New Picture (17) New Picture (90) 
PVC (Poly Vinyl Carbonate) Merupakan lapisan berbentuk lembaran seperti halnya HPL, yaitu juga sebagai pelapis buatan pabrik.Bahan ini lebih lentur dan terbuat dari plastik, sehingga mudah dalam pengaplikasian pada bahan dasar. Permukaannya lebih halus dibanding bahan dari plastik lain, seperti tacon dan decosheet. Berbentuk lembaran ukuran 120 cm x 240 cm dan tebal 3 mm. Pilihan warna dan coraknya juga cukup beragam tetapi terbatas hanya ada coklat dan warna turunannya. Ada yang polos dan juga bertekstur serta bermotif serat kayu.Harganya relatif murah.Kekurangannya adalah memiliki Tekstur yang licin sehingga tidak terkesan alami dan bahannya kurang ramah lingkungan.



DECOSHEET
New Picture (89)New Picture (21)DECOSHEET Terbuat dari bahan plastik, lebih tipis dari tacon tetapi sangat fleksible dan dapat mengikuti bentuk kitchen set semisal lengkung dll. Bahan ini tidak mudah mengelupas.Namun karena jenis bahannya yang tipis, jika penggunaan tidak apik bahan ini mudah robek karena tidak tahan terhadap panas dan minyak.
Decosheet berbentuk gulungan dengan tinggi 120 cm, tebal kurang dari 1 mm, sedang panjangnya tidak terbatas. Mempunyai variasi motif cukup banyak dan harganya paling murang dibanding jenis laminate lainnya.


TACON – TACOSHEET
New Picture (98)New Picture (23)

TACON – TACOSHEET merupakan bahan sintetis yang permukannya sedikit bertekstur. Pilihan variasi warna yang ada di pasaran cukup banyak.Bahan ini mudah dibersihkan apabila terkena noda dan minyak, namun memiliki kelemahan warna yang berubah menjadi kekuningan dan motif yang pudar jika digunakan dalam waktu lama.Sama seperti Decosheet, terbuat dari plastik.kekurangan lainnya dari pelapis ini adalah tidak tahan panas, warna yang mudah memudar dan berubah menjadi kekuningan sehingga mengurangi keindahan perabot kayu anda. Berbentuk gulungan dengan tinggi 120 cm, tebal kurang dari 1 mm, sedang panjangnya tidak terbatas.Variasi motif cukup banyak dan permukaannya bertekstur.Harganya per meter lari.


VENEER



  New Picture (25) New Picture (26) New Picture (99)
Vinir Merupakan irisan kayu tipis dengan ketebalan 0,2mm – 0,6 mm yang berserat indah. Umumnya yang banyak digunakan adalah kayu sungkai dan kayu jati.kelebihan finishing memiliki tampilan serat kayu yang alami menyerupai kayu solidPemberian pelapis vinir ini bertujuan agar tampilannya terlihat lebih indah dan terkesan lebih natural. Malahan, penggunaan pelapis vinir pada furniture berbahan kayu olahan memiliki keunggulan yang sulit didapat pada penggunaan kayu solid yakni warna dan serat yang dihasilkan lebih seragam.Selain itu, keunggulan vinir lainnya adalah tidak adanya gubal dan cacat kayu seperti lubang, mata kayu, hati kayu dan cacat kayu lainnya.Sayangnya bahan ini mudah tergores, terkelupas, dan tidak tahan panas.


High Gloss Panel
New Picture (28) New Picture (29)  New Picture (31) New Picture (32) 
High Gloss Panel Bahan ini memiliki tampilan permukaan yang licin dankaca.Di bagian luarnya diberi lapisan duco, materialnya terlihat mewah dan tahan terhadap goresan.Kelebihan bahan finishing ini dapat ditekuk sehingga tidak terlihat sambungan pada sudut dan tepi lemari.


Segera Hubungi Kami:
Zoom-In Visual Interior
Jl.Segaran 99,Singosari,Malang
081235245727 (Telkomsel) 085645678727 (Indosat)



Our Partner :

Tidak ada komentar: